Minggu, 26 Oktober 2014

Alat Telematika - GPS (Global Positioning System)

GPS sebagai alat telematika

GPS adalah sistem satelit yang dapat memberikan posisi atau letak kita dimana pun berada. GPS merupakan alat yang mampu menampilkan posisi dan bisa dipakai sebagai petunjuk tempat atau posisi. GPS sudah banyak sekali digunakan di seluruh dunia manapun dalam bidang transportasi, fungsinya untuk menentukan informasi posisi dan penunjuk jalan dengan keakuratan yang tepat.

GPS digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Banyak jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi, dengan menambahkan peta, bisa digunakan untuk memandu pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan.

GPS juga digunakan di berbagai bidang, seperti :


  • Bidang militer digunakan untuk keperluan perang, untuk menentukan arah rudal dan mengetahui pasukan berada.
  • Sistem Informasi Geografis (SIG), GPS diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.
  • Sistem pelacak kendaraan kegunaan lain, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/ pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja.
  • Pemantau Gempa, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun.

Bila GPS tidak ada

Menurut saya jika GPS tidak ada, tidak bisa menentukan posisi yang tepat yang ingin kita tuju, karena peran GPS sangat penting untuk di bidang manapun di seluruh dunia.


Sumber : http://adityaprasetyo22.wordpress.com/2014/10/21/gps-sebagai-alat-telematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar